Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Indahnya hari ini bukan kita berkehendak tapi dengan usaha dan berdoa kepada Allah maka indahnya rencana yang kita susun bisa terlaksana dengan kehendak-Nya karena Allah memberikan yang terbaik dan tepat pada waktunya kepada setiap makhluknya.....

Selamat Datang di blog ini mudah-mudahan ada yang bisa di ambil...
"umua baru sataun jagung, darah baru satampuk pinang, denai ketek jolong baraja, kok ado salah tolong di ingek-an"
Selamat menikmati...

Minggu, 27 Februari 2011

ANTARA SABAR DENGAN MARAH


Wahai orang-orang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (diperbatsan negerimu) dan bertaqwalah keapda Allah agar kamu beruntung” (QS Ali Imran:200)

     Kata- kata sabar sering kita dengarkan apabila kita mendapat  musibah, apakah itu datangnya dari hati kecil kita atau dari teman, saudara dan keluarga yang ada di sekitar kita. Sering pula kita terfikir dan terucapkan bahwa untuk mengatakan “sabar” itu mudah tapi kenyataanya sulit. Sehingga ketika  kita mencoba sabar kata-kata “tapi” selalu mengiringinya, Alhasil kesabaran kita pun di pertanyakan.
   Ayat diatas begitu indahnya memerintahkan kita untuk memper kuat kesabaran, kenyatan dari ayat itu pun benar karena dalam kehidupan kita ini salah satunya tindakan sabar itulah yang membuat seseorang berharga di mata orang lain. Coba kita telaah kalimat “seorang yang bijak adalah orang yang mampu menahan amarahnya dan bersabar untuk menyelesaikan masalah yang di hadapinya” coba kita sama-sama membayangkan sebentar, jika dalam sebuah masalah sebut saja antara kita dengan teman kalau kedua-duanya sama-sama mau menang dengan argumentnya, kira-kira bagaimana kesudahan masalah tersebut, coba seandainya salah satu atau keduanya bersabar dan dengan tenang menjelaskan dan menyelesaikannya, insyallah masalah itu akan selesai.
    Kata sabar memang kadang membuat kita merasa kurang nyaman atau malahan kesal dan berujung tindakan kemarahan apakah dengan kata-kta yang tidak pantas atau tindakan fisik yang tidak pada tempatnya, biasanya hal ini disebabkan kurangnya kita mengkolaborasi antara sabar dengan menahan amarah atau lebih populer di sebut management marah. Itulah kenapa ayat di atas menghimbau kita untuk bersabar  karena sesunguhnya sabar adalah benteng pertama kita.
   Pernah kita melihat seseorang yang sedang di pukuli tidak membalas pukulan itu karena mereka mengatakan kita harus sabar. Itu benar namun tidak seperti itu juga, karena kita juga sudah pernah di sampaikan dan diberikan contoh oleh rasul kita Muhammad SAW, kalau kita sudah dijajah baik aqidah, harga diri, kebenaran, mertabat keluarga danlain-lain secara keterlaluan maka kita juga harus membalasnya, namun caranya itu tetap dengan pengabungan SABAR dengan Management marah, teladan telah diberikan rasul terkait dengan ini silahkan baca di Sirah Nabi Muhammad SAW. Nah saudaraku yang seiman sekarang pertanyaannya sudah sejauh mana kita bisa memprkuat ke sabaran kita.
    Jika kita bisa untuk memperkuatnya insyallah janji Allah tetang hal itu akan kita dapatkan, sesuai dengan firman Allah:
dan bersabarlah, karena Sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan( QS Hud: 115)

     Banyak kisah terkait dengan kesabaran ini dan balasan untuk mereka contoh saja kisah as habul khafi yang belari dari raja zalim pada masanya, mungkin kalau ia tidak sabar dan besikeras maka ia akan terbunuh atau malah aqidah mereka yang terlepaskan, namun dengan kesbararan mereka, mereka memilih untuk mengasingkan diri sehinggan nyawa mereka selamat dan aqidah mereka tetap di pertahankan.
   Mungkin kita juga pernah mendapatkan masalah yang membuat  kita sulit untuk berlaku sabar, namun dengan kita mencoba memahaminya dan melihat indahnya janji Allah setelah itu maka sudah sepantasnyalah kita berlaku sabar dan mencari jalan keluarnya.
   Kata “marah” biasanya yang menjadi penghalang untuk melakukan tindakan sabar tersebut, untuk itu mari kita yang memiliki daya marah yang lebih coba kita redam dengan berpikiran positif terhadap masalah karena masalah itu tidak hanya di pandang dari satu sisi tapi pandang juga dari sisi yang lainnya agar kita tahu akar dan cara penyelesaian masalahnya. Ibarat dua sisi mata  uang kalau kita melihat uang dari satu sisi saja kita tidak akan tahu apakah uang yang kita lihat dan pegang itu untuh, jangan-jangan hanya di satu sisi saja yang ada nominalnya sehingga uang itu pun tidak bisa kita belanjakan. Kemudian untuk mengatasi kata marah itu mari kita selalu memberi maaf akan kesalahan itu agar kita dapat melatih kemampuan sabar dan management marah.
uŽÈ  
Maka sesuatu yang diberikan kepadamu, itu adalah kenikmatan hidup di dunia; dan yang ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakkal.  dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan- perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf” (QS Asy Syuura: 37)

    Mungkin kita bisa menarik inti dari management marah itu, intinya adalah berpikir positif dan melapangkan hati untuk senantiasa memaafkan. Kedengaranya memang sulit tapi kalau niat dalam diri kita sudah bulat terkait dengan pengendalian marah untuk mempraktekan tindakan sabar maka tidak ada yang sulit untuk itu “jangan katakana tidak sebelum mencoba sesuatu yang baik”. Mari kita praktekan mudah mudahan kita termasuk kedalam orang yang bersyukur.

dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal di tengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung. jika Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, Maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaannya) bagi Setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur. atau kapal-kapal itu dibinasakan-Nya karena perbuatan mereka atau Dia memberi maaf sebagian besar (dari mereka)” (QS Asy Syuura: 32-34)

                

2 komentar:

  1. Assalamu'alaykum wr wb.
    Izinkan saya melink blog bagus ini ^^.
    Bila sudi, silakan berkunjung ke blog saya di
    avicendbenny.wordpress.com
    dan
    bennyantama.blogspot.com

    Terima kasih. :)

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum wr wb.

    Ada Award buat anda...silakan diambil di:

    http://avicendbenny.wordpress.com/2011/04/01/award-oh-award/


    ya..terima kasih..:)

    BalasHapus